- Ekonomi, Lifestyle

Beasiswa Ini Dapat Kamu Dapatkan Dengan Mudah Loh, Berikut Caranya!

Pendidikan adalah salah satu poin penting untuk menaikkan kualitas dan juga daya persaingan yang dimiliki oleh masyarakat. Pendidikan menjadi salah satu poin perhatian pemerintah, karena pembangunan negara dan pembangunan kualitas generasi yang saat ini masih belum banyak mengalami kenaikkan. Oleh karena itu pemerintah menaruh perhatian yang sangat besar pada pendidikan, banyak program yang berkaitan dengan pendidikan yang dilakukan.

 

Salah satunya adanya peraturan wajib sekolah sembilan tahun. Namun hal yang tidak dapat dipungkiri adalah adanya ketimpangan kesempatan belajar khususnya dalam hal persaingan, kualitas fasilitas pendidikan dan faktor ekonomi yang banyak disebut sebagai faktor penghambat untuk mendapatkan kesempatan belajar dan kasus ini banyak terjadi di berbagai daerah tertinggal yang berada di bagian ujung Indonesia. Masalah ini pada akhirnya membuat kesempatan belajar yang dimiliki oleh generasi bangsa menjadi tidak rata.

 

Dan untuk mengatasi berbagai masalah yang menghambat generasi muda dalam memperoleh kesempatan belajar telah banyak diupayakan solusi terbaik dengan berbagai kebijakan yang di buat, salah satunya program beasiswa yang dapat anda ambil dari kebijakan kartu pintar yang dikeluarkan oleh presiden Indonesia.

 

Program kartu pintar adalah program bantuan pemberian biaya tunai untuk pendidikan yang khususnya ditujukan bagi anak 6-21 tahun. Dan memiliki keadaan ekonomi yang miskin atau tidak mampu. Dimana sistem yang digunakan dalam kartu pintaradalah dana akan diberikan dalam bentuk simpanan reguler yang akan membantu untuk program sekolah gratis. Tingkat bantuan uang tunai yang diberikan memiliki perbedaan tingkatan sesuai dengan jenjang pendidikan yang anda miliki. Tidak semua orang dapat mendapatkan fasilitas kartu pintar, karena program kartu pintar harus diberikan pada anak-anak dengan kriteria berikut ini:

 

  1. Penerima harus berasal dari keluarga yang menerima program kartu keluarga sejahtera (KKS) atau kartu perlindungan sosial (KPS)
  2. Penerima harus berasal dari keluarga yang menerima program Keluarga harapan (PKH)
  3. Penerima harus merupakan yatim piatu yang ditinggal meninggal orang tua atau yatim piatu yang tinggal di panti asuhan
  4. Penerima merupakan peserta didik yang terancam akan putus sekolah akibat kesulitan ekonomi atau merupakan korban bencana berkepanjangan
  5. Penerima merupakan peserta didik yang pernah di drop out
  6. Penerima memiliki latar belakang keluarga miskin atau rentan miskin yang beresiko pada putus sekolah atau penerima merupakan orang yang memiliki keterbatasan fisik. Berada di LAPAS, memiliki lebih dari tiga saudara, atau SMK yang menempuh study keahlian kelompok bidang.
  7. Penerima merupakan peserta dari lembaga khusus atau satuan pendidikan informal lainnya.
  8. Cara mendapatkan beasiswa yang satu ini cukup mudah, anda harus melakukan langkah pertama anda harus membawa surat keterangan yang menyatakan bahwa keluarga anda yang menerima progam KKS atau KPS. Setelah menyerahkan surat keterangan tersebut nama anda akan dicatat oleh sekolah ke dalam data pokok pendidikan sebagai calon penerima manfaat PIP dan kemudian akan diajukan pada pihak DIKTI. Dan kemudian akan dilakukan proses proseduram oleh Kemendikbud dan Kemenakertrans yang kemudian anda akan menerima informasi tentang hasil pengajuan yang anda lakukan.
  9. Tujuan dari program kartu pintar adalah untuk meringankan beban ekonomi yang menjadi faktor penghambat utama yang dialami masyarakat miskin untuk mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan.

 

Dengan kata lain jika anda berniat mengajukan diri pada program kartu Indonesia pintar maka anda harus mempersiapkan berbagai persyaratan dan memastikan anda masuk dalam kategori peserta didik yang berhak menjadi penerima beasiswa kartu Indonesia pintar dan menjadi salah satu bentuk persiapan modalkita.com untuk pendidikan dan masa depan lebih cerah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *