- Ekonomi, Properti

Cara Mendapatkan KPR dengan Biaya Ringan

Memiliki rumah merupakan impian setiap orang, apalagi jika sudah berkeluarga. Rumah adalah suatu hal yang harus dimiliki. Rumah juga merupakan salah satu dari tiga kebutuhan primer, yaitu sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (rumah).Namun memiliki rumah tidak semudah yang dibayangkan. Harga rumah yang selalu melonjak naik setiap tahunnya sangat memberatkan. Untuk mengatasi hal tersebut, yang bisa dilakukan adalah dengan kredit rumah.

Setiap bank pasti memiliki program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang akan membantu mewujudkan impian untuk memiliki rumah. KPR merupakan kredit yang digunakan untuk mendapatkan rumah dengan jaminan berupa rumah dan pembiayaan hingga 90% dari harga rumah tersebut. Jaminan rumah yang dimaksud adalah rumah yang akan dibeli itu untuk KPR pembelian. Untuk mengajukan kredit rumah atau KPR anda bisa ke bank-bank konvensional maupun syariah. Sebelum mengajukan KPR, ada baiknya anda menyiapkan beberapa hal berikut ini.

 

  1. Menyiapkan DP (Down Payment)

Syarat utama jika ingin mengajukan KPR adalah DP. Semakin besar DP yang diberikan maka semakin ringan cicilan per bulannya. Menabunglah terlebih dahulu untuk mengumpulkan uang sebagai DP KPR.

 

  1. Mencari rumah

Pilihlah rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial anda. Jangan sampai gaji anda habis untuk membayar cicilan rumah. Budget untuk mencicil rumah tiap bulan sebaiknya dibatasi hanya 30% agar tidak mengganggu pengeluaran lainnya.

 

  1. Mencari KPR dengan bunga terendah

Setiap bank pastinya memiliki program KPR, anda harus memilih dengan tepat program KPR yang memiliki bunga paling rendah sehingga anda tidak terlalu berat dalam mencicil rumah.

 

  1. Tentukan kemampuan membayar cicilan

Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Lakukan perhitungan terlebih dahulu dengan matang, mulai dari harga rumah, bunga dari bank dan jika jangka waktu cicilan.

 

Setelah melakukan hal-hal diatas, yang perlu dilakukan selanjutnya untuk mengajukan kredit rumah atau KPR adalah mempersiapkan dokumen untuk memenuhi persyaratan umum permohonan pengajuan kredit berikut ini.

 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan tinggal di Indonesia
  2. Minimal berusia 21 tahun, dan ketika kredit berakhir maksimal berusia 55 tahun jika seorang pegawai dan berusia 60 tahun jika seorang profesional atau wiraswasta.
  3. Memiliki pekerjaan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun jika pegawai dan 2 tahun jika profesional atau wiraswasta.
  4. Penghasilan tetap per bulan minimal 3 juta rupiah (untuk Jabodetabek).
  5. Dokumen-dokumen lain, tergantung apakah rumah baru atau bekas. Jika rumah baru maka akan dibantu oleh developer, jika rumah bekas maka harus diurus sendiri. Dokumen tersebut berupa KTP/SIM/Paspor, Kartu Keluarga, Surat Nikah/Surat Cerai/ NPWP pribadi, NPWP perusahaan (wiraswasta), rekening tabungan 3 bulan terakhir untuk karyawan atau rekening koran 3 bulan terakhir untuk wiraswasta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *