- Kuliner

Cara Merebus Telur agar Tidak Mudah Pecah Dan Cepat Dikupas

Tips Merebus Telur agar Tidak Pecah, Matangnya Pas dan Cepat Dikupas

 

Mungkin merebus telur adalah kegiatan dapur yang mudah, tapi ternyata perlu trik juga lho. Bagaimana caranya agar telur tidak terlalu matang hingga kuning telur berubah keabu-abuan? Karena jika telur direbus lama dan terlalu matang, gizinya juga banyak yang hilang.

Dan bagaimana caranya agar telur yang baru direbus bisa cepat dikupas, apalagi jika kamu tak punya waktu untuk sarapan dan harus segera berangkat kerja? Simak tipsnya berikut ini .

Sebenarnya sangat mudah, untuk merebus telur yang matangnya sempurna dan tidak pecah selama direbus, ini caranya.

  1. Masukkan telur di dalam panci dan isi dengan air kran. Jangan siramkan air hangat atau panas sebelum merebus telur. Juga, jangan memasukkan telur setelah air mendidihkan, karena telur akan mudah pecah selama proses perebusan.
  2. Jika telur baru keluar dari kulkas, rendam dengan air biasa lebih dulu untuk menghilangkan suhu kulkas. Buang airnya. Setelah telur mencapai suhu ruangan, baru rebus telur dengan air baru.
  3. Pastikan juga telur terendam seluruhnya dengan air, jika air kurang saat merebus telur, telur juga jadi mudah pecah.
  4. Masak selama 10 menit hingga mendidih, dan matikan api.

Agar telur yang panas cepat dikupas dan mudah mengupasnya, lakukan cara ini.

  1. Siapkan es batu dan air dingin di sebuah wadah. Buang air panas untuk merebus telur, atau pindahkan telur di wadah es.
  2. Rendam telur dalam air es hingga tidak panas lagi. Setelah itu angkat dan gulung-gulung agar kulitnya pecah. Baru deh kupas, mengupasnya jadi lebih mudah karena kulit tidak menempel pada telur.
  3. Telur juga matangnya pas, kuning telurnya tetap kuning, tidak berubah keabu-abuan.

Itu dia yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan telur rebus sempurna dan mudah dikupas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *