- Ekonomi, Properti

Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Ambil KPR

Berikut ini adalah 4 hal yang harus kamu ketahui sebelum ambil KPR:

  • Lokasi dan Fasilitas Rumah

Sebelum mempelajari tentang semua keperluan yang dibutuhkan saat mengambil KPR seperti harga awal, rumus anuitas, serta cicilan, maka yang perlu diperhatikan pertama kali adalah lokasi dan fasilitas rumah. Banyak rumah yang dibanderol dengan harga terjangkau tetapi lokasinya kurang strategis. Hal ini tentu tidak menjadi masalah selama pembeli sudah mengerti konsekuensi dari lokasi dan akses rumah tersebut. Selain lokasi, fasilitas rumah juga perlu diperhatikan. Saat seseorang mengambil KPR, maka akan ada beberapa periode dimana ada alokasi cukup besar untuk membayar cicilan rumah. Dengan demikian, sebaiknya fasilitas rumah mencukup dan tidak perlu direnovasi dulu sampai pembayaran lunas.

  • Harga Rumah

Harga rumah adalah poin kedua yang dibutuhkan untuk memulai sebuah rencana permohonan KPR. Harga rumah yang ideal adalah sesuai standar rata – rata, tidak terlalu murah dan tidak pula terlalu mahal. Pembeli perlu merasa waspada saat ada rumah yang harga jualnya sangat jatuh. Bisa jadi ada masalah tentang rumah yang tidak diketahui. Oleh karena itu, peran konsultan sangat dibutuhkan dalam urusan ini. Selain untuk mematikan pembeli dan penjual sama – sama diuntungkan, konsultan juga akan membantu menghitung cicilan rumah dengan rumus anuitas yang berlaku sampai pelunasan.

  • Cicilan Rumah

Pada umumnya, cicilan rumah menggunakan rumus anuitas. Rumus anuitas adalah angsuran ditambah bunga. Jadi, para pembeli harus memahami dulu simulasi kredit secara detail sebelum menyetujui seluruh proses pembayaran. Dengan mengetahui simulasi kreditnya, maka akan lebih mudah dilakukan penghitungan alokasi gaji atau pendapatan untuk bisa dibayarkan sebagian. Pada umumnya, jumlah besar kecilnya cicilan dipengaruhi oleh lama periode pelunasan. Semakin lama periode pelunasan maka cicilan yang diberikan cukup terjangkau, tetapi tentu akan diikuti bunga yang tidak sedikit. Ada beberapa bank yang sudah menentukan penghitungan dan siap menawarkan harga – harga cicilan sesuai kemampuan masing – masing pembeli.

  • Dokumen Rumah

Dokumen rumah juga menjadi salah satu informasi yang perlu diperoleh seorang pembeli sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR. Bagaimana sistem surat tanahnya? Apakah ada dokumen yang bermasalah? Lalu, pembeli juga harus melihat tentang legalitas serta dokumen apa yang akan dikantonginya setelah proses pelunasan. Jadi, setelah berkonsultasi tentang rumus anuitas, ada baiknya pembeli juga menyampaikan beberapa pertanyaan tentang dokumen rumah dan legalitasnya. Oleh karena itu, membeli rumah dengan pengajuan KPR memang tidak bisa dianggap mudah. Namun, pembeli bisa mengaturnya dengan konsultasi bersama konsultan yang profesional dan kompeten di bidangnya. Karena bidang perumahan memang  bukan urusan yang bisa diselesaikan semua orang secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *