- Properti

Meminimalkan Biaya Renovasi Rumah Anda

Merenovasi sebuah rumah tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Tak hanya itu, Anda juga harus memilih jasa renovasi rumah yang tepat untuk kebutuhan Anda ini agar hasil yang dapat memuaskan. Namun sayangnya sebagian orang menganggap bahwa merenovasi rumah hanya dilakukan khusus bagi mereka yang mempunyai uang banyak.

 

Pemikiran yang seperti itu tentu salah besar. Renovasi rumah bukan berarti melakukan perubahaan yang besar dan harus mengeluarkan biaya dalam satu waktu. Sebenarnya renovasi dapat dilakukan secara bertahap dan tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Melakukan renovasi dengan biaya yang murah tentu bukanlah hal yang mustahil. Berikut cara meminimalkan biaya renovasi untuk rumah Anda.

Tentukan waktu

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum merenovasi rumah adalah menentukan waktu. Anda harus mempertimbangkan kondisi cuaca saat hendak merombak rumah. Sebaiknya, jangan merenovasi saat musim hujan. Sebab, udara lembap dan cuaca yang tak menentu membuat pekerjaan renovasi Anda memakan waktu yang lama. Selain itu, saat musim hujan biasanya para tukang akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan proyek renovasi rumah Anda, apalagi jika renoasi dilakukan di ruang terbuka. Sebaliknya, lakukan renovasi saat musim kemarau agar cepat selesai. Semakin lama waktu pengerjaan, maka semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tenaga tukang.

Pilih kontraktor berkualitas

Setelah menentukan waktu, Anda harus memilih jasa kontraktor yang terpercaya. Saat ini, kebanyakan orang memang lebih memilih mempercayakan urusan biaya renovasi rumah kepada para kontraktor atau jasa renovasi rumah. Sebab, para kontraktor menawarkan harga lebih murah dengan waktu pengerjaan yang lebih cepat. Namun, Anda tetap harus pintar-pintar dalam memilih jasa kontraktor yang hendak dipakai. Jangan sampai karena harga murah hasil renovasi tidak sesuai dengan harapan. Bisa saja mereka memakai material murah dan tidak awet yang membuat rumah cepat usang. Tidak mau kan hasil renovasi Anda menjadi sia-sia karena salah memilih jasa renovasi rumah? Bukannya untung malah buntung!

Pilih cara pembayaran

Hal ini tentu perlu diperhatikan mengingat cara pembayaran yang dilakukan pada umumnya terbagai menjadi dua yaitu sistem borongan dan harian. Sistem borongan memudahkan Anda jika Anda sudah pasti dengan apa yang akan direnovasi dan sudah mengetahui konsep renovasi rumah Anda secara matang. Sebaliknya, bila Anda belum yakin dengan konsep dan sebagainya, lebih baik gunakan sistem harian. Proses pembayaran pun dilakukan berbeda. Jika sistem borongan pembayaran sudah termasuk jasa tukang dan bahan material, sebaliknya sistem harian Anda membayar jasa tukang secara harian dan Anda perlu memikirkan bahan material yang harus dibeli.

Gunakan barang lama

Perlu diketahui, tidak semua bagian di dalam rumah harus dirombak. Anda hanya perlu memperbaiki bagian rumah yang rusak parah. Sementara yang masih kokoh Anda bisa sedikit memolesnya agar terlihat lebih baik dari sebelumnya. Cara ini tentu akan menghemat biaya pengeluaran Anda. Selain itu, Anda juga bisa memoles barang-barang lama yang masih layak untuk digunakan. Kebanyakan orang biasanya membuang barang-barang lama dan mengganti dengan barang yang baru untuk mengisi rumah yang telah direnovasi. Tak ada salahnya memang. Namun, jika dana Anda pas-pasan, sebaiknya manfaatkanlah barang-barang lama tersebut. Pilih kembali barang mana yang masih layak pakai dan tidak sebelum dibuang atau dijual.

Hitung rencana pengeluaran

Sebaiknya, sebelum Anda menentukan ingin merenovasi rumah Anda. perli diingat perhitungan rencana pengeluaran biaya renoavasi perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Hal ini penting agar Anda tidak perlu mengajukan utang ke bank atau mengutang sana-sini. Renovasi tidak harus mahal. Kenyaman yang dihasilkan tidak terletak pada seberapa mahal interior rumah Anda. Pastikan bahwa Anda menghitung semua dengan teliti dan rinci apa saja yang harus dibayar. Namun, Anda perlu menyiapkan biaya tambahan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga.

Itulah beberapa cara meminimalkan biaya pengeluaran Anda untuk merenovasi hunian yang nyaman untuk Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *