- Ekonomi, Teknologi

Panduan Surat Setoran Elektronik untuk bayar Pajak

Harus diakui jika pajak memang sangatlah bermanfaat bagi kemajuan sebuah bangsa terutama dilihat dari pembangunan berbagai infrastruktur negara, ini berarti bahwa dengan kita selalu taat membayar pajak maka kemajuan negara bisa benar – benar dirasakan manfaatnya. Kesadaran membayar pajak juga semakin ditingkatkan melalui adanya surat setoran elektronik atau yang biasa dikenal dengan sse pajak, jika dulu pembayaran pajak sedikit merepotkan karena hanya bisa dilakukan secara manual melalui surat setoran pajak maka mulai 1 januari 2016 dengan berlakunya sse kita bisa membayar pajak dengan lebih mudah.

Panduan Singkat untuk SSE Pajak

Sse pajak yang diberlakukan sejak 1 januari 2016 ini merupakan sebuah sistem pembayaran pajak elektronik yang dilakukan melalui Biller Direktorat Jenderal Pajak dengan menerapkan sistem billing, pembayaran ini bisa dilakukan melalui kanal sse.pajak.go.id sebagai penerbit id dan billing bagi tiap wajib pajak. Namun sebelum itu semua, anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dahulu dengan mengunjungi sse.pajak.go.id sekaligus untuk memperoleh panduan surat setoran elektronik untuk bayar pajak. Di halaman tersebut, isi dan lengkapilah beberapa kolom yang telah tersedia seperti nama, npwp, email, pin sejumlah 6 digit, dan tak lupa pula kode pengaman untuk id anda, pastikan semua terisi dengan lengkap dan benar sesuai data diri anda yang asli.

Setelah proses pengisian data diri, anda bisa langsung saja mendaftar dan bersiaplah untuk membuka email aktiv anda yang tadi didaftarkan untuk mendapatkan konfirmasi sebagai tahap aktivasi id anda. Setelah aktivasi anda lakukan dengan sempurna maka id atau akun anda sudah bisa untuk digunakan. Sebelum itu pastikan anda mencoba melakukan login dengan npwp dan pin yang tadi anda daftarkan sebelumnya, jika sudah berhasil maka masuk ke halaman dashboard e-billing dan pilihlah menu Isi Sse pajak. Setelah tahap ini anda lakukan maka anda bisa maju ke tahap berikutnya yang akan di bahas di paragraph selanjutnya di bawah ini

Pada proses pengisian Sse pajak ini secara otomatis nama anda beserta npwp dan alamat sudah terisi, anda hanya perlu mengisi jenis pajak, jenis setoran, masa pajak dan tahun pajak serta tidak ketinggalan pula jumlah pajak yang akan disetorkan saat pembayaran pajak. Proses ini penting untuk mempermudah pajak yang akan anda bayarkan sehingga prosesnya menjadi lebih cepat dan juga nantinya tidak berbelit belit. Jika sudah selesai semua maka anda sudah bisa menyimpannya dan mencetak id billing, dengan begini maka anda pun sudah tak perlu lagi antri berjam – jam di kantor pajak. Adanya SSE untuk pajak sendiri mempermudah kita untuk mengurus pajak elektronik sehingga kita harus berulang kali melakukan pengecekan.

Ternyata tidak susah bukan untuk melakukan SSE pajak. Selain itu ada banyak hal yang bisa anda dapatkan setelah melakukannya. Pajak adalah salah satu hal yang sangat penting untuk Negara sehingga membiasakan diri kita untuk membayar pajak sangat penting untuk kemajuan Negara kita. Itulah mengapa panduan ini sangat penting terutama bagi anda yang hendak membayar pajak. Dengan demikian anda tidak perlu repot repot mencari referensi untuk surat setoran elektronik pembayaran pajak. Kesimpulannya, adalah pembayaran pajak elektronik tidaklah terlalu susah dan kami yakin anda pasti bisa melakukannya dengan mudah tanpa kesulitan terutama setelah membaca panduan yang kami berikan di dalam artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *